Montormiber's Blog

Telling about my hobby and daily activity

Apa arti tulisan dan tanda pada ban? 12/08/2014

Filed under: MOTOR BIKE,Public Transportation — montormiber @ 21:02

ban1

1 Nama atau merek ban – Misalnya Continental, Dunlop, Goodyear, Michelin, Pirelli, dll

2 Model Ban. Mis Sport, Pilot, Elang dll

3 Ukuran ban – Lebar tapak ban dinyatakan dalam milimeter, yang dalam ilustrasi ini adalah 205; aspek rasio – ketinggian dinding samping ban sebagai persentase dari lebar, dalam hal ini adalah 55% dari 205mm; dan diameter ukuran roda ban dirancang agar sesuai, dinyatakan dalam inci. Dalam ilustrasi ini, 16 “. Huruf diantara angka-angka adalah jenis konstruksi yaitu ‘R’ Radial. Jadi ban ini adalah 205/55 R 16.

4. Penjelasan peruntukan – dalam contoh ini angka 91 menunjukkan kapasitas berat maksimum ban sesuai dengan tabel indeks beban resmi, yang diterjemahkan menjadi 615 Kg (lihat tabel di bawah). Huruf V menunjukkan rating kecepatan ban, dalam hal ini ban cocok untuk mobil yang mampu mencapai kecepatan kendaraan maksimum 149,1 mph (lihat tabel di bawah).

5. ECE (Economic Commission for Europe) Menyatakan bahwa sudah ssesuai dengan peraturan nomor 30 untuk Eropah – yang berarti bahwa ban tersebut memenuhi standar dari Badan Pengawas Eropa.

6 EEC Nomor Persetujuan Kebisingan, yang berarti bahwa kebisingan yang dihasilkan oleh ban berada dalam batas peraturan Eropah.

7 Kode pabrikan Departemen Transportasi Amerika (DOT).

8 Tanggal pembuatan. Hal ini penting karena umur ban dapat mempengaruhi kinerjanya. 2 angka pertama mengacu pada minggu dan angka 3 dan 4 mengacu pada tahun.

9. Penilaian UTQG (Uniform Tire Kualitas Grade) untuk Amerika.

10. Kemampuan maksimal daya muatan.

11. Kemampuan maksimal daya tekanan.

12. Menunjukkan jenis konstruksi tubeless.

13. Peringatan Keselamatan mengacu pada bahaya saat kurang tekanan angin / kelebihan tekanan angin dan pemasangan ban bersama-sama dengan risiko atas tekanan ban. Hal ini sangat penting karena penelitian menunjukkan bahwa hingga ¾ dari mobil di jalan Eropah salah dalam penerapan tekanan ban.

14. Arah rotasi yang berhubungan dengan perputaran ban. Ban ini dirancang untuk berputar dalam satu arah saja yang ditunjukkan di dinding samping oleh tanda panah.

15. Tanda Luar/dalam dinding samping mengacu pada pemasangan ban asimetris. Artinya ban ini memiliki pola tapak yang berbeda pada sisi dalam dan luar, menjelaskan peningkatan kinerja, dan harus dilakukan pemasangan dengan benar.

16. Beban ekstra, jenis mana yang berlaku.

17. TWI (tread wear indicators) menunjukkan lokasi indikator keausan tapak, yang memperlihatkan dasar tapak sebagai peringatan visual pada saat ban mendekati atau pada kedalaman tapak minimum.

Semoga berguna

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s