Montormiber's Blog

Telling about my hobby and daily activity

GPS buat motor, apa perlu? 13/03/2014

Filed under: Information Technology (IT),MOTOR BIKE — montormiber @ 16:39
Tags: , , ,

Pengenalan Umum

Saat ini GPS sudah bukanlah hal yang menjadi barang mewah lagi. Banyak handphone yang sudah dilengkapi dengan GPS Receiver dan built-in GPS Receiver sudah banyak dijual dipasaran dengan harga terjangkau.GPS atau Global Positioning System adalah suatu konstelasi yang terdiri dari 24 satelit (plus 5 satelit cadangan). Ke-24 satelit itu mengorbit bumi pada jarak 20.200 km sebanyak 2 kali sehari, sambil memancarkan sinyal berita gelombang radio.

Sistem ini pertama kali dibuat oleh militer Amerika Serikat yang ditujukan untuk kepentingan navigasi militer namun sekarang sudah dapat digunakan untuk umum. Departemen Pertahanan AS yang mengoperasikan sistem GPS telah mengatur konfigurasi satelit sedemikian rupa, sehingga semua tempat di bumi dapat menerima sinyal dari 4 sampai 10 satelit. Sebagai penunjuk waktu, masing-masing satelit dibekali dengan 4 buah jam atom yang dapat mengukur waktu dengan ketelitian sepersemilyar detik. Teknologi GPS sanggup menentukan lokasi manapun di muka bumi dengan kesalahan kurang dari 1 meter. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India. Kumpulan satelit ini diurus oleh 50th Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat. Biaya perawatan sistem ini sekitar US$750 juta per tahun, termasuk penggantian satelit lama, serta riset dan pengembangan.

Kegunaan

Militer
GPS digunakan untuk keperluan perang, seperti menuntun arah bom, atau mengetahui posisi pasukan berada. Dengan cara ini maka kita bisa mengetahui mana teman mana lawan untuk menghindari salah target, ataupun menetukan pergerakan pasukan.

Navigasi
GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu nivigasi, dengan menambahkan peta, maka bisa digunakan untuk memandu pengendara, sehingga pengendara bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Sistem Informasi Geografis
Untuk keperluan Sistem Informasi Geografis, GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta, seperti mengukur jarak perbatasan, ataupun sebagai referensi pengukuran.

Sistem pelacakan kendaraan
Kegunaan lain GPS adalah sebagai pelacak kendaraan, dengan bantuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja kendaraannya/aset bergeraknya berada saat ini.

Pemantau gempa
Bahkan saat ini, GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah, yang ordenya hanya mm dalam setahun. Pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa, baik pergerakan vulkanik ataupun tektonik.

Saat Ini Banyak Merk GPS yang Beredar Di Indonesia antara lain Garmin, Trimble,, Astech dan lain-lain.

Saya sendiri pertama kali mengaplikasikan GPS dikendaraan saya pada tahun 2007, saya beli merek Garmin type Nuvi 710i seharga kalau ngga salah Rp. 2jt 750rb. sengaja saya beli GPS yang bisa dicopot dan dipindah ke kendaraan lain sebab saya saat itu punya 2 unit kendaraan. Jadi saya hanya memindahkan ke kendaraan yang membutuhkan bantuan navigasi saat itu dan ngga usah beli 2 biji sebab saat itu harganya juga ngga terlalu murah. Sekarang sih kita bisa mendapatkan GPS seharga 1jutaan yang merek China, atau bahkan bisa dibawah itu kalau mau yang second. Dan untuk menarik konsumen penjualan mobilpun sudah di lengkapi bonus GPS, seperti pejualan Rush, Terios maupun merek Eropa lainnya.

Nah sehubungan dengan saya juga penghobi kendaraan roda dua untuk keperluan turing, saya juga aplikasikan GPS di motor saya, tentu saja dengan tambahan braket yang saya beli terpisah. Alat bantu navigasi ini sangatlah membantu saya dalam melakukan perjalanan. Fungsi utama tentu saja penunjuk arah, kemudian alat ini juga bisa membantu mencarikan jalan alternatif apa bila kita terjebak dalam kemacetan. Disamping itu kalau kita jalan malam hari ngga usah repot nanya sana-sini, lah mau nanya siapa kalau pas jam 2 pagi kita terssesat? masa mau gedor pintu orang?.
Kita juga bisa memperkirakan saat tiba ditempat tujuan jam berapa. Untuk dslam kota asal, memang hampir tidak diperlukan GPS, bahkan karena penempatan GPS di motor kelihatan mencolok, malah rawan di embat maling. Tapi untuk keperluan perjalanan luar kota sangatlah membantu.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s